Laporan Praktek Kerja Lapangan di Bagian Humas PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi II Bandung

Main Author: Ramdani, Irman
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/27800/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-irmanramda-33995
Daftar Isi:
  • Humasda adalah satuan organisasi di lingkungan PT.Kereta Api (Persero) yang berada di bawah daerah operasi 2 dan mempunyai tugas pokok yakni melaksanakan hubungan masyarakat, penyuluhan di lingkungan perusahaan (internal) dan dengan media massa di luar perusahaan (eksternal). Humasda PT. Kereta Api (Persero) Daop 2 Bandung belum State Of Being artinya bagian ini belum berdiri sendiri, posisinya masih berada dibawah Daerah Oprasi 2 Bandung yang dipimpin oleh Kepala Daerah Oprasi 2 Bandung (Kadaop) dan Humasda dipimpin oleh Kepala Humas (Kahumasda) yang bertanggung jawab kepada Kadaop. Kegiatan kerja rutin yang dilakuan penulis yaitu membaca Koran, membuat keliping berita lalu mendistribusikanya kepada 17 devisi yang ada di PT. Kereta Api (Persero). Kegiatan Kerja Isidental yang dilakukan penulis yaitu melakukan kegiatan boarding yang sama seperti semuah karyawan di PT. KAI dan memotret kegiatan-kegiatan yang dilakukan Humasda Daop 2 Bandung. Jumlah pegawai yang terdapat di Humasda PT.Kereta Api Daerah Operasi II Bandung terdiri dari 4 orang, 1 orang sebagai Kepala Humasda (Kahumasda), 1 orang sebagai Sekretaris Humasda Dan 2 orang sebagai staff yang membantu Kahumasda. Kinerja Humasda PT. Kereta Api (Persero) Daop 2 Bandung sudah cukup efektif dalam memberikan informasi perusahaan kepada publik eksternal maupun publik internal. Humasda PT. Kereta Api (Persero) Daop 2 Bandung selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan kalangan perss/media massa, yang bertujuan untuk membangun citra yang positif apabila timbul permasalahaan. Membangun citra sangat penting kerena berdampak pada kelangsungan perusahaan.