Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Hotel Grand Pasundan Convention di Bandung

Main Author: Nurseptiany, Risna
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/27068/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-risnanurse-33268
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis dewasa ini semakin pesat, Salah satu cara agar dapat merebut pangsa pasar adalah dengan memperoleh pelanggan sebanyaknya. Penurunan jumlah pengunjung yang menginap pada Hotel Grand Pasundan Convention berdasarkan survey awal dikarenakan kualitas pelayanan dan kepercayaan masih rendah hal ini pula berakibat pada penurunan tingkat loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (deskriptif) dan kuantitatif (verifikatif). Unit analisis dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Grand Pasundan Convention Bandung dengan sampel 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 20 for windows.Dari uji hipotesis dinyatakan bahwa variable kualitas pelayanan dan kepercayaan pada Hotel Grand Pasundan Convention mendapatkan tanggapan yang positif dari pengunjung. Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel-variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.