Sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash di PT.Huripan Merah Motor

Main Author: Purnama Suhendar, Yusuf
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/26905/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-yusufpurna-33126
Daftar Isi:
  • PT Huripan Merah Motor merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa otomotif yang melayani pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash. Adapun sistem yang berjalan di PT Huripan Merah Motor yang masih menggunakan sistem manual, tidak jarang data yang dicatat sering mengalami redudansi ataupun ketidak akuratan data, resiko kemungkinan akan kehilangan data-data penting seperti laporan yang rusak dikarenakan tidak tersedianya media penyimpanan database, serta membutuhkan waktu yang lama dalam mencari suatu data yang dibutuhkan, selain itu penjualan spare part yang berjalan tidak secara otomatis mengurangi persediaan jumlah spare part yang ada sehingga menyulitkan perusahaan dalam mengontrol berapa jumlah spare part yang keluar setiap harinya. Tujuan penelitian untuk membuat perancangan sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash melalui sistem yang terintegrasi dengan database. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode prototype dan deskriptif dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode terstruktur yang memiliki karakteristik berorientasi pada proses dan data. Adapun alatÃ�Â�alat yang digunakan seperti flowmap, context diagram, data flow diagram (dfd), kamus data, entity relational diagram (erd), normalisasi, dan table relasi. Perangkat lunak yang digunakan untuk pengkodingan program dan desain interface menggunakan Netbeans 7.4, database menggunakan PhpMyAdmin (Xampp 1.8.3.1), laporan menggunakan iReport 5.1.0, installation program menggunakan Install Creator Pro 3.0.Dengan dibangunnya sistem informasi pembelian, penjualan spare part mobil dan pelayanan jasa service serta jasa carwash dapat menjadi bahan pertimbangan, masukan, ataupun solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di PT Huripan Merah Motor melalui sistem yang terintegrasi dengan database, sehingga memudahkan pekerjaan karyawan/pegawai. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi dokumen akademik yang berguna dan dapat menjadi sumbangan ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi peneliti lain yang mengkaji di bidang yang sama.