Implementasi Metode Naive Bayes Classifier Untuk Menentukan Bentuk Dan Warna Dasar Logo
Main Authors: | M, Aziz, Abdul |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/2671/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-mabdulaziz-34652 |
Daftar Isi:
- Logo adalah penyajian atau tampilan nama, bentuk seragam, tulisan, atau ciri khas perusahaan secara visual dan merupakan bagian dari identitas perusahaan yang dirancang terutama sebagai simbol pembeda untuk dikenali di antara perusahaan-perusahaan lainnya, sebagai bentuk komunikasi yang mencerminkan nilai-nilai ideal suatu perusahaan yang sengaja dibentuk, dan memainkan peran yang sangat penting dalam benak konsumen, khususnya peran dalam menciptakan persepsi yang kuat tentang merek atau perusahaan, serta mempunyai arti penting karena dapat mengingatkan khalayak akan perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan arti pada sebuah logo, diharuskan melakukan riset yang kemudian diringkas pada sebuah client brief. Client brief ini dapat berupa nilai-nilai, karakteristik, maupun Visi Misi perusahaan. Selanjutnya dicari klasifikasi yang sesuai antara client brief dengan basis pengetahuan rancangan dasar logo. Metode yang digunakan untuk klasifikasi adalah Naive Bayes Classifier.Naive Bayes merupakan metode klasifikasi dengan tingkat keakuratan tinggi dan perhitungan yang sederhana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecocokan metode Naive Bayes Classifier untuk menentukan bentuk dan warna dasar logo. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan melalui proses pengujian menggunakan Confusion Matrix adalah Naive Bayes Classifier memperoleh hasil akurasi 47% untuk bentuk dasar dan 57% untuk warna dasar. Pengujian tersebut dilakukan pada 30 data testing (client brief berupa visi-misi).