analisis konten e-learning untuk sekolah menengah kejuruan (studi kasus SMK Sukapura Tasikmalaya)
Main Author: | Mufizar, Teuku |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/26564/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-teukumufiz-32783 |
Daftar Isi:
- Salah satu pemanfaatan teknologi informasi untuk dunia pendidikan adalah e-Learning atau pembelajaran berbasis elektronik. Saat ini, penggunaan e-Learning di Indonesia banyak digunakan di sekolah-sekolah, perguruan tinggi, juga instansi lainnya. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah yang menerapkan e-Learning diantaranya adalah terkait konten. Konten diperlukan sebagai bahan ajar untuk pembelajaran berbasis e-Learning. Saat ini, konten banyak bertebaran di internet. Akan tetapi, belum adanya kriteria pemilihan konten memungkinkan terjadinya kesalahan pemilihan konten yang berdampak kepada tidak tercapainya sasaran pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibuatkan analisis konten e-Learning. Dalam penelitian ini analisis konten dibatasi hanya untuk kelompok mata pelajaran produktif untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ).Metodologi yang digunakan adalah dengan melakukan pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara, kemudian melakukan analisis konten dengan cara menentukan aspek yang dipilih untuk konten E-Learning, yaitu menentukan materi yang harus ada, menentukan level tiap materi berdasarkan aspek pedagogis dan kriteria hasibuan, dan menentukan bentuk tiap materi berdasarkan konsep pengembangan konten Richard Mayer.Hasil akhir dari penelitian ini akan didapat sebuah kerangka yang berisi kriteria konten e-Learning untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kompetensi keahlian Teknik Komputer Jaringan (TKJ).