Pengaruh word of mouth dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan pada Warung Nasi Bancakan di Bandung
Main Author: | Ariefian Gutama, Gilang |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/26232/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-gilangarie-32482 |
Daftar Isi:
- Berkembangnya perdagangan bebas menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan untuk semakin pintar dalam menjalankan kegiatan usahanya untuk mendapatkan pelanggan sebanyak banyaknya dan juga loyal. Penurunan jumlah pengunjung yang makan pada Warung Nasi Bancakan diduga karena word of mouth dan juga citra perusahaan masih rendah dan berakibat kepada tingkat loyalitas pelanggan yang menurun.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana WOM (Word of Mouth) yang dilakukan pelanggan pada Warung Nasi Bancakan di Bandung, untuk mengetahui tanggapan pelanggan tentang citra perusahaan pada Warung Nasi Bancakan di Bandung, untuk mengetahui loyalitas pelanggan pada Warung Nasi Bancakan di Bandung, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh WOM (Word of Mouth) dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan pada Warung Nasi Bancakan di Bandung baik secara simultan maupun parsial.Meode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi penelitiann ini berjumlah 3260 dan tekhnik penarikan sampel menggunakan tekhnik stratified random sampling sehingga diperoleh 97 responden dan dibulatkanmenjadi 100 responden. Metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan spss 13.0 for windows.Hasil dari penelitian dapat diketahui bahwa Word of mouth (X1) dan Citra Perusahaan (X2) memberikan pengaruh simultan (bersama-sama) terhadap Loyalitas Konsumen (Y) sebesar sebesar 61.9%, sedangkan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan secara tidak langsung atau dari faktor lain yang tidak diamati sebesar 38,1%. Secara parsial yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan adalah citra perusahaan dengan pengaruh sebesar 41,88% dan word of mouth dengan pengaruh sebesar 20,01%.