Pengaruh ekuitas merek dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (survey pada pelanggan Sari ater Hotel & Resort di Subang)

Main Author: Jannatun Nisa, Anne
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/26216/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-annejannat-32473
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia bisnis dewasa ini semakin pesat, Salah satu cara agar dapat merebut pangsa pasar adalah dengan memperoleh pelanggan sebanyaknya. Penurunan jumlah pengunjung yang menginap pada Sari Ater Hotel & Resort bersarkan survey awal karena ekuitas merek dan nilai pelanggan masih rendah hal ini pula berakibat pada penurunan tingkat loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan pelanggan mengenai ekuitas merek dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Sari Ater Hotel & Resort di Subang. Selain itu penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mengenai ekuitas merek dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Sari Ater Hotel & Resort di Subang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif (deskriptif) dan kuantitatif (verifikatif). Unit analisis dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Sari Ater Hotel & Resort di Subang dengan sampel 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi Pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 16.0 for windows.Dari uji hipotesis dinyatakan bahwa ekuitas merek dan nilai pelanggan pada Sari Ater Hotel & Resort mendapatkan tanggapan yang positif dari pengunjung. Variable ekuitas merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel nilai pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan. Variable-variable ekuitas merek dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan.