Sistem Informasi Penjualan Pada Distro Hervetica Bandung Berbasis Web

Main Author: Kurniadi, Endi
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/25611/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-endikurnia-32026
Daftar Isi:
  • DISTRO HERVETICA suatu usaha bergerak dalam bidang pengelolaan, produksi dan penjualan berbagai macam pakaian yang memfokuskan pada pelayanan dankualitas barang yang dihasilkan dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut saat ini dalam proses transaksi penjualannya masih bersifat manual atau masih menggunakan tulis tangan yang mengakibatkan lamanya proses transaksi penjualan yang dilakukan, sedangkan pembuatan laporan dan penyimpanan data belum terorganisir dengan baik sehingga mengakibatkan terjadinya penumpukan data transaksi penjualan, selain itu belum adanya media promosi yang baik yang digunakan untuk memberi informasi tentang keberadaan DISTRO HERVETICA. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk merancang sebuah aplikasi system informasi penjualan, mengetahui implementasi system dan mengetahui analisis dan pengujian program pada DISTRO HERVETICA.Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada Distro Hervetica, serta teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen. Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangan system informasi penjualan yang dibuat menggunakan metode incremental yang sudah dikembangkan dari waterfall model, dengan alat bantu pengembangan system berupa flowmap, diagram konteks, DFD dan alat perancangan database yang diusulkan berupa ERD.Sedangkan pembuatan perangkat lunak dalam skripsi ini, penulis menggunakan perangkat lunak PHP dan Adobe Dreamweaver, dan untuk database menggunkan My-SQL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa system informasi penjualan produk dapat membantu konsumen dalam mengakses informasi mengenai produk yang dijual, mengimplementasikan system informasi yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data serta antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan. Tahap akhir adalah mengadakan pengujian terhad apaplikasi dengan menggunakan metode Blackbox.