Pengaruh display toko dan dicount terhadap pembelian impulsif pada konsumen Toserba Selamat Cianjur
Main Author: | Dani Nurdiansyah, Moch |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/24382/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-mochdaninu-30911 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan pada konsumen Toserba Selamat Cianjur. Fenomena yang terjadi adalah semakin berkembangnya usaha ritel salah satunya berbentuk Toserba, banyak strategi yang dilakukan untuk menarik konsumen melakukan pembelian impulsif, seperti merubah display toko, menerapakan strategi discount, sehingga para konsumen dating berbondong-bondong untuk membeli produk yang discount. Namun Toserba Selamat kurang memperhatikan hal itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh display toko dan discount terhadap pembelian impulsif pada konsumen Toserba Selamat Cianjur.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Toserba Selamat Cianjur yang berjumlah 9100 dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan korelasi pearson, analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan bantuan program aplikasi SPSS 17.0 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian impulsif di Toserba Selamat Cianjur secara keseluruhan cukup menarik bagi sebagian besar konsumen seperti pada Windows display, interior display dan exterior display. Sedangkan Sebagian besar konsumen menilai discount yang dilakukan Toserba Selamat Cianjur masih kurang besar dan kurang lama. Kemudian kebanyakan dari konsumen menilai kurang banyaknya produk Toserba Selamat yang mendapatkan potongan harga. Hal ini dikarenakan Store display dan discount secara bersama-sama memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap pembelian impulsive konsumen di Toserba Selamat. Diantara variable independen, discount memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap pembelian impulsif konsumen di Toserba Selamat Cianjur dibanding store display. Store display secara parsial hanya memberikan pengaruh yang kurang besar terhadap pembelian impulsif, sementara discount secara parsial memberikan pengaruh cukup besar terhadap pembelian impulsif.