Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi Pembelajaran Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Sentra Rajut Binong Jati Bandung

Main Author: Rustandi
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/23742/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-rustandini-33166
Daftar Isi:
  • Usaha Mikro Kecil Menengah yang terus mengalami perkembangan ditandai dengan semakin banyaknya UMKM yang bermunculan dengan menawarkan produk yang beraneka ragam dan inovatif yang mana salah satu UMKM yang mengalami perkembangan tersebut adalah sentra rajut Binongjati Bandung, berdasarkan survey awal penulis mendapatkan permasalahan yang terdapat di lokasi penelitian mengenai orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap keunggulan bersaing yaitu kurang maksimalnya orientasi pesaing, komitmen pembelajaran dan penciptaan produk yang unik dari perusahaa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur sejauh mana hubungan antara orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap keunggulan bersaing dan membandingkannya dengan teori dan konsep yang ada Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling, dengan pengambilan sampling secara acak terhadap tujuh puluh lima pemilik toko pada sentra rajut Binongjati Bandung Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji koefien korelasi hipotesis simultan dengan tingkat signifikan lima persen Berdasarkan hasil uji regresi dinyatakan bahwa orientasi pasar dan orientasi pembelajaran mendapatkan hubungan yang positif terhadap keunggulan bersaing di sentra rajut Binongjati Bandung. Hasil uji hipotesis simultan maupun parsial menunjukkan bahwa orientasi pasar dan orientasi pembelajaran secara bersama Ã�Â� sama berpengaruh terhadap keunggulan bersaing.