STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK BARU DALAM BISNIS PENERBITAN MAJALAH ( PT. DAVAPRASTHA AMRTA)

Main Author: Pramudiana, Indra
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2001
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/2311/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-s2-2001-indra-1158-pemasarann
Daftar Isi:
  • Sebagai perusahaan baru yang melempar sebuah produk ke pasar, PT DA perlu mendapat masukan sejauh mana kebijakan bauran pemasarannya dapat diterima oleh konsumen yang menjadi targetnya. Dari hasil penelitian, dengan menggunakan metoda statistik nonparametrik -uji peringkat bertanda wilcoxon untuk data berpasangan, menunjukkan bahwa seluruh elemen bauran pemasaran yang telah dilakukan masih berada dibawah harapan konsumennya. Hal ini disebabkan oleh tingginya harapan yang perlu dipenuhi oleh majalah DA walaupun pada kenyataannya majalah ini mendapatkan sambutan yang cukup baik.Keterbatasan-keterbatasan yang dimilikinya sebagai sebuah perusahaan berskala kecil menengah bukan berarti tidak dapat melakukan kegiatan pemasaran yang efektif dan efisien. PT DA memiliki cukup banyak kekuatan dan peluang berkaitan dengan segmen pasarnya yang cukup kecil dan keberadaan sebagai sebuah SME (Small Medium Enterprise).Yang perlu mendapat perhatian dari PT. DA dalam menyusun dan melaksanakan strategi pemasarannya adalah dengan berusaha memanfaatkan segala peluang dan kekuatannya - disamping tetap memperhatikan keterbatasannya - untuk meningkatkan kebijakan bauran pemasaran majalah DA dan berusaha memperkecil gap-nya dengan harapan konsumen.