Sosialisasi Politik Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Online

Main Author: Febriyanto Rusly, Christian
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/21029/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-christianf-26740
Daftar Isi:
  • Samsat online merupakan wujud dari pelaksanaan e-government dibr / Dispenda Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan pada tahun 2010 yang perlubr / disosialisasikan kepada wajib pajak di Kota Bandung. Proses sosialisasi sangatbr / diperlukan karena wajib pajak kendaraan bermotor tidak memahami persyaratanbr / yang berlaku dalam pelaksanaan tersebut. Pemerintah daerah berhak untukbr / menetapkan kebijakan-kebijakan untuk daerahnya dan mensosialisasikannyabr / kepada masyarakat agar mengetahuinya. Sosialisasi kebijakan daerah merupakanbr / sosialisasi politik dari penyelenggaraan pemerintah daerah.br / Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sosialisasi politik menurutbr / Michael Rush dan Phillip Althoff dalam bukunya yang berjudul Pengantarbr / Sosiologi Politik yang terdiri dari empat indikator yaitu agen sosialisasi politik,br / materi sosialisasi politik, mekanisme politik, dan pola sosialisasi politik.br / Keempat indikator tersebut merupakan unsur-unsur utama dalam pelaksanaanbr / sosialisasi politik.br / Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatanbr / kualitatif dan Teknik penentuan informan yaitu purposive. Informan yangbr / berkaitan dengan penelitian ini, yaitu Aparatur di CPDPDP Wilayah Kotabr / Bandung dan wajib pajak yang melakukan pembayaran PKB melalui Samsatbr / online. Peneliti untuk memperoleh data-data menggunakan teknik wawancara,br / observasi partisipatif dan studi kepustakaan.br / Hasil penelitian, menunjukan bahwa sosialisasi politik dalam pelayananbr / pembayaran PKB melalui Samsat online telah berhasil. Agen sosialisasi dalambr / mensosialisasikan pelayanan pembayaran PKB melalui Samsat online di Wilayahbr / Kota Bandung sudah berjalan dengan cukup efektif, hal tersebut dapat dilihat daribr / tahap persiapan dan tahap meniru dari aparatur CPDPDP , namun dalam tahapbr / siap bertindaknya masih ada beberapa kendala yang dialami oleh aparatur di tigabr / CPDPDP Kota Bandung. Materi sosialisasi dalam mensosialisasikan pelayananbr / pembayaran PKB melalui Samsat online di Wilayah Kota Bandung sudah berjalanbr / dengan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai, norma-norma dan peranan daribr / aparatur aparatur CPDPDP Kota Bandung Mekanisme sosialisasi dalambr / mensosialisasikan pelayanan pembayaran PKB melalui Samsat online di Wilayahbr / Kota Bandung sudah berjalan dengan efektif. Hal tersebut dapat dilihat daribr / instruksi, motivasi serta pembelajaraan formal aparatur CPDPDP. Pola sosialisasibr / politik sudah berjalan dengan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari adanyabr / koordinasi yang baik antara CPDPDP dengan pihak kecamatan dalam prosesbr / sosialisasi pelayanan pembayaran PKB melalui Samsat online