Arahan Pengembangan Sarana Wisata Di Kawasan Pantai Matras Kecamatan Sungailiat

Main Author: Kurnia Setiawan, Endi
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/20958/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-endikurnia-26695
Daftar Isi:
  • Obyek wisata Pantai Matras merupakan salah satu obyek wisata alam dibr / Kabupaten Bangka. Obyek wisata ini terletak di Kecamatan Sungailiat denganbr / jarak Ã�± 7 km dari kota Sungailiat. Sediaan sarana wisata yang ada saat inibr / kurang mampu melayani kebutuhan pengunjung. Hal ini terlihat dari kurangnyabr / sarana atau kegiatan wisata yang dibutuhkan oleh pengunjung.br / Tujuan yang hendak dicapai dari studi ini adalah merumuskan arahanbr / pengembangan sarana wisata berdasarkan keinginan pengunjung. Adapunbr / sasaran yang hendak dicapai dalam studi ini adalah mengidentifikasi kondisibr / objek wisata dan kegiatan wisata, serta mengindentifikasi keinginan pengunjungbr / terhadap sarana wisata. Berdasarkan kedua hal tersebut, kemudian disusunbr / arahan pengembangan sarana dan pelayanan wisata di kawasan Pantai Matrasbr / berdasarkan analisis demand.br / Untuk mencapai tujuan dan sasaran studi, digunakan metode analisisbr / kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan Metode Ã�Â�Tabulasibr / Silang (Crosstabulation)Ã�Â� sebagai alat bantu untuk melihat hubungan antarabr / variabel karakteristik sosial ekonomi pengunjung dengan variabel jenis kegiatanbr / serta variabel sarana wisata yang diminati pengunjung Pantai Matras. Analisisbr / hubungan antarvariabel tersebut dilakukan untuk mempertajam araha nbr / pengembangan sarana dan jenis kegiatan yang akan dikembangkan di kawasanbr / pantai. Analisis kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan hasil analisisbr / kuantitatif.br / Dari hasil analisis hubungan antara karakteristik sosial ekonomibr / pengunjung dengan variabel jenis kegiatan serta variabel sarana wisata yangbr / diminati pengunjung Pantai Matras, ditemukan adanya pengaruh perbedaanbr / karaktristik sosial ekonomi pengunjung dalam memilih jenis kegiatan atau saranabr / wisata yang diminati. Dengan demikian, pengembangan daya tarik dan kegiatanbr / wisata Pantai Matras ditujukan untuk daya tarik dan kegiatan wisata yangbr / menjadi preferensi utama pengunjung sesuai dengan karakteristiknya, sertabr / ditujukan untuk komponen-komponen yang dinilai belum sesuai, sehinggabr / memerlukan penanganan lebih lanjut berupa peningkatan kualitas