Tinjauan elemen visual pada logo baru PT.Kereta Api Indonesia (persero) dan keselarasannya dengan budaya perusahaan
Main Author: | Van Chandra, Tony |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/20236/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-tonyvancha-28556 |
Daftar Isi:
- Salah satu tujuan logo yaitu untuk merefleksikan semangat dan cita-cita perusahaan, oleh karena itu logo diharapkan memiliki hubungan dengan budaya perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pesan, kesan dan efek psikologis dari elemen-elemen visual yang digunakan dalam logo baru PT KAI ini dan mencari keselarasan antara elemen-elemen visual tersebut dengan budaya perusahaan yang dimiliki oleh PT KAI. Penelitian ini memakai metode kualitatif. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi (1) Deskripsi (2) Tinjauan (3) Interpretasi (4) Kesimpulan. Tahapan ini adalah penguraian elemen-elemen visual logo berikut pesan, kesan dan efek psikologisnya serta membahas keselarasannya dengan lima nilai budaya perusahaan PT KAI berdasarkan landasan teori dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak semua elemen visual logo baru ini memiliki pesan, kesan dan efek psikologis. Pada elemen garis diagonal dan garis lengkung tebal hanya memiliki kesan dan efek psikologis saja, sedangkan pada elemen tipografi hanya memiliki kesan dan efek psikologis saja. Selain itu beberapa elemen visual seperti garis lengkung dan zigzag, bentuk atas, tengah dan bawah, warna oranye, biru dan putih serta tipografi selaras dengan lima nilai budaya perusahaan PT KAI.