Tinjauan Atas Prosedur Pelayanan Administrasi Klaim Pada PT Askes (persero)

Main Author: Rahmawati, Ira
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/18938/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-irarahmawa-25052
Daftar Isi:
  • Perkembangan dunia asuransi kesehatan khususnya di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini terjadi karena semakin banyaknya perusahaan yang bergerak di dalam industri pelayanan asuransi baik asuransi kesehatan sosial maupun asuransi kesehatan komersial. Sebagai perusahaan asuransi yang berpengalaman dan memiliki jaringan yang luas PT Askes ( Persero ) juga dituntut untuk terus menjaga kualitas pelayanan yang baik kepada peserta Askes diseluruh Indonesia. Dalam konteks pelaksanaan asuransi kesehatan sosial setelah penetapan UU No. 40 / 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, menjadi tantangan bagi PT Askes ( Persero ) untuk lebih mempersiapkan diri sebagai Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Iklim kompetisi antara penyelenggara asuransi kesehatan sesungguhnya mulai terasa dalam beberapa tahun terakhir terutama dalam penyelenggaraan asuransi komersial. Kondisi ini bukan tidak mungkin dapat terjadi dalam konteks asuransi sosial. Sebagai perusahaan asuransi PT Askes ( Persero ) juga menjaga loyalitas pelanggan yang ada selama ini dan sedapat mungkin memberikan daya tarik yang kuat untuk segmen masyarakat yang lain serta Pemerintah daerah untuk ikut bergabung dalam sistem yang di bangun oleh PT Askes ( Persero ).