Implementasi Algoritma Iterative Deepening A Dan Metode Fruning Pada Solusi Permainan Puzzle Flow Free Color
Main Author: | Fahrurrozi |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/18113/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-fahrurrozi-33634 |
Daftar Isi:
- Flow Free Color adalah sebuah permainan bertema puzzle yang cukup populer bisa dimainkan di komputer ataupun mobile. Permainan ini terdiri dari sebuah matriks n x n berisi beberapa lingkaran yang berwarna yang tersebar di beberapa grid. Pada permainan flow free color lintasan dianggap tidak valid jika tidak bertemu dengan pasangannya, dibutuhkan algoritma pencarian jalur solusi untuk menghubungkan titik-titik warna agar dapat terhubung sesuai dengan jenis warnanya. Adapun algoritma yang dapat digunakan seperti algoritma brute force, greedy dan lain-lain. Pada penelitian sebelumnya menggunakan algoritma brute force, namun memiliki kelemahan karena waktu eksekusi yang dibutuhkan lebih lama. Terdapat salah satu algoritma untuk menyelesaikan permasalahan ini yaitu algoritma Iterative Deepening A*. Namun dalam penelitian ini akan digunakan algoritma IDA* dalam pencarian jalur solusi pada permainan flow free color dan Metode pruning akan mengurangi jumlah simpul yang dievaluasi oleh pohon pencarian. Analisis yang dilakukan dengan melihat nilai evaluasi f(n) dan pohon pencarian dengan menggunakan perhitungan heuristik. Algoritma iterative deepening A* dapat melakukan pencarian titik-titik warna sesuai dengan jenis warna dengan penyebaran titik-titik warna secara random, dan tingkat keakurasian yang tepat pada titik-titik warna yang disebarkan secara random sehingga titik-titik warna dapat terhubung sesuai dengan jenis warna.