Penerapan Metode Hierarchical Agglomerative Clustering Untuk Segmentasi Pelanggan Potensial Di Jeger Jersey Indonesia

Main Author: Lutfi Hamzah, Riky
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/15544/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-rikylutfih-33869
ctrlnum 15544
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unikom.ac.id/15544/</relation><title>Penerapan Metode Hierarchical Agglomerative Clustering Untuk Segmentasi Pelanggan Potensial Di Jeger Jersey Indonesia</title><creator>Lutfi Hamzah, Riky</creator><subject>2015</subject><description>Tim-tim Indonesia Super League (ISL) selalu mengeluarkan jersey terbaru mereka setiap musim kompetisi baru akan dimulai. Momen tersebut memberikan kesempatan bagi Jeger Jersey Indonesia untuk membuat promosi penjualan jersey kepada pelanggan baru dan pelanggan yang sudah ada (existing customers). Aspek kunci dalam membuat promosi penjualan adalah identifikasi terhadap perilaku pembelian pelanggan untuk membentuk segmen pelanggan yang memiliki pola serupa. Namun saat ini segmentasi pelanggan tersebut belum dibentuk, sehingga promosi penjualan bagi setiap pelanggan pun belum ditetapkan.Metode Hierarchical Agglomerative Clustering digunakan untuk menyegmentasikan pelanggan ke dalam segmen-segmen yang terbentuk secara alami berdasarkan atribut-atribut data. Segmentasi diawali dengan merepresentasikan setiap objek pada data sebagai satu segmen, kemudian dilakukan perhitungan jarak (distance measure) antar segmen tersebut. Setelah itu, sepasang segmen yang memiliki jarak terdekat digabungkan menjadi sebuah segmen baru. Proses perhitungan jarak dan penggabungan sepasang segmen dilakukan secara iteratif hingga tersisa satu buah segmen yang berisi seluruh objek. Jumlah segmen yang diinginkan dapat ditentukan dengan memotong dendrogram pada suatu jarak tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil membentuk segmentasi pelanggan. Jumlah segmen yang ditentukan merupakan yang paling optimal dan setiap segmen memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, hasil penelitian ini membantu manajer marketing dalam menetapkan promosi penjualan yang tepat untuk setiap segmen pelanggan.</description><publisher>Universitas Komputer Indonesia</publisher><date>2016-02-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><identifier> Lutfi Hamzah, Riky (2016) Penerapan Metode Hierarchical Agglomerative Clustering Untuk Segmentasi Pelanggan Potensial Di Jeger Jersey Indonesia. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia. </identifier><relation>http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jbptunikompp-gdl-rikylutfih-33869</relation><recordID>15544</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
author Lutfi Hamzah, Riky
title Penerapan Metode Hierarchical Agglomerative Clustering Untuk Segmentasi Pelanggan Potensial Di Jeger Jersey Indonesia
publisher Universitas Komputer Indonesia
publishDate 2016
topic 2015
url http://repository.unikom.ac.id/15544/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-rikylutfih-33869
contents Tim-tim Indonesia Super League (ISL) selalu mengeluarkan jersey terbaru mereka setiap musim kompetisi baru akan dimulai. Momen tersebut memberikan kesempatan bagi Jeger Jersey Indonesia untuk membuat promosi penjualan jersey kepada pelanggan baru dan pelanggan yang sudah ada (existing customers). Aspek kunci dalam membuat promosi penjualan adalah identifikasi terhadap perilaku pembelian pelanggan untuk membentuk segmen pelanggan yang memiliki pola serupa. Namun saat ini segmentasi pelanggan tersebut belum dibentuk, sehingga promosi penjualan bagi setiap pelanggan pun belum ditetapkan.Metode Hierarchical Agglomerative Clustering digunakan untuk menyegmentasikan pelanggan ke dalam segmen-segmen yang terbentuk secara alami berdasarkan atribut-atribut data. Segmentasi diawali dengan merepresentasikan setiap objek pada data sebagai satu segmen, kemudian dilakukan perhitungan jarak (distance measure) antar segmen tersebut. Setelah itu, sepasang segmen yang memiliki jarak terdekat digabungkan menjadi sebuah segmen baru. Proses perhitungan jarak dan penggabungan sepasang segmen dilakukan secara iteratif hingga tersisa satu buah segmen yang berisi seluruh objek. Jumlah segmen yang diinginkan dapat ditentukan dengan memotong dendrogram pada suatu jarak tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tersebut berhasil membentuk segmentasi pelanggan. Jumlah segmen yang ditentukan merupakan yang paling optimal dan setiap segmen memiliki karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu, hasil penelitian ini membantu manajer marketing dalam menetapkan promosi penjualan yang tepat untuk setiap segmen pelanggan.
id IOS4207.15544
institution Universitas Komputer Indonesia
institution_id 294
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UNIKOM
library_id 268
collection Repository Scholar Unikom
repository_id 4207
city BANDUNG
province JAWA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4207
first_indexed 2017-05-07T15:41:04Z
last_indexed 2024-07-17T06:40:17Z
recordtype dc
_version_ 1804815774078992384
score 17.13294