Efektivitas Komunikasi Antarpesona Customer Service Pt. Pos Indonesia (Persero) Bandung Kepada Pelanggan Pos Express Terhadap Kepuasan Mereka Pada Jasa Pengiriman Paket dan Surat
Main Author: | Luginawati, Galih |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/15482/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-galihlugin-31388 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas komunikasi antarpersona Customer Service PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung kepada pelanggan tentang Pos Express Terhadap Kepuasan mereka pada pengiriman paket dan surat. Untuk menjawab tujuan penelitian diatas maka peneliti mengangkat indikator Keterbukaan, Empati, Sikap Mendukung, Sikap Positif Kesetaraan untuk mengukur Efektivitas Komunikasi Antarpersona (Variabel X) dan mengangkat indikator Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Produk, Harga, Kemduhan memperoleh produk untuk mengukur Kepuasan (Variabel Y) Pendekatan penelitian adalah kuantitatif, metode penelitian adalah metode survey dengan teknik analisa deskriptif teknik pengumpulan data adalah angket dan wawancara, Internet Searching, dan studi pustaka, populasi di sini adalah pelanggan pos express PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung. Sampel sebanyak 74 pelanggan diperoleh dengan Teknik sampling acak distratifikasi Random Sampling.Teknik Analisis dilakukan dengan perhitungan statistik dengan menggunakan komputer melalui program SPSS 20. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa keterbukaan (X1)dengan kepuasan pelanggan 6,83% adalah lemah, valid, searah dan signifikan. Emapati(X2) dengan kepuasaan pelanggan 21,09 % sedang, valid searah dan signifikan, Sikap Mendukung (X3) dengan kepuasan pelanggan 37,00% kuat,valid, searah dan signifikan, Sikap Positif(X4) dengan kepuasan pelanggan 30,83% sedang, valid, searah dan signifikan, kesetaraan (X5) dengan kepuasan pelanggan 42,05% kuat, valid, searah dan siginfikan, Efektivitas Komunikasi Antarpersona dengan Kualitas produk (Y1)19,17% sedang,valid, searah dan signifikan, Efektivitas komunikasi antarpersona dengan Kualitas pelayanan(Y2)18,56% sedang, valid searah dan siginifikan, Efektivitas komunikasi antarpersona dengan Citra Produk (Y3) 37,81% kuat, valid searah dan siginifikan, Efektivitas komunikasi antarpersona dengan harga (Y4) 20,41%, sedang, valid dan siginfikan, Efektivitas komunikasi antarpersona dengan kemudahan memperoleh produk (Y5), 26,22%, Sedang, valid, dan signifikan. Kesimpulan, Penelitian Efektivitas komunikasi antarpersona terhadap kepuasaan pelanggan yang kuat, valid, searah dan signifikan. Saran dari peneliti adalah tingkat promosi tentang pos express lebih di tinggkatkan kembali dengan cara penyebaran brosur, atau dengan memasang iklan di berbagai media masaa dan cetak, sehingga masyarakat lebih mengetahui apa itu pos express.