Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Online di Angkutan Pemadu Primajasa Bandung Supermall

Main Author: Kuswanto, Eri
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/15235/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-erikuswant-18722
Daftar Isi:
  • Angkutan Pemadu Moda Primajasa merupakan perusahaan penyedia layanan transportasi darat. Perusahaan ini adalah satu-satunya perusahaan yang mempunyai layanan keberangkatan dari Bandung ke Bandara, yaitu dari Bandung Super Mall ke Bandara Soekarno Hatta dengan tipe kendaraan khusus Bus. Dalam aktivitasnya, terdapat beberapa bidang pelayanan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Bidang tersebut adalah pelayanan pemesanan dan penjualan tiket, karena pada dasarnya bidang ini merupakan saklar bahkan rutinitas utama yang dijalankan oleh perusahaan Angkutan Pemadu Moda Primajasa. Seringnya terjadi antrian pembelian tiket diloket dan juga tidak maksimalnya layanan pemesanan tiket via telepon yang juga mengakibatkan antrian dikarenakan panggilan tunggu maupun sibuk. Apalagi jika telah masuk masa liburan yang dapat mengakibatkan lonjakan penumpang yang cukup signifikan. Sehingga berdampak pada tidak maksimalnya pelayanan pemesanan dan penjualan tiket yang diberikan serta mempengaruhi hasil dari kinerja yang kurang maksimal. Pada proses pengumpulan data dengan tujuan untuk memecahkan masalah, penulis menggunakan metode pengumpulan data secara deskriptif yaitu dengan observasi dan wawancara. Dan untuk merancang aplikasi perangkat lunaknya, penulis menggunakan metode pengembangan prototipe. Guna menyelesaikan permasalahan diatas, maka dibangunlah sebuah aplikasi perangkat lunak berbasis website pemesanan tiket online. Berdasarkan dari hasil pengujian yang telah dilakukan, aplikasi perangkat lunak Sistem Informasi Pemesanan Tiket Online ini dapat membantu pihak Angkutan Pemadu Moda Primajasa untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang maksimal terhadap penumpang serta meningkatkan kinerja karyawan dan perusahaan secara umumnya.