Pengaruh Kepuasaan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. INTI (Persero) Bandung
Main Author: | Gustinaria Manurung, Relani |
---|---|
Format: | Thesis PeerReviewed |
Terbitan: |
Universitas Komputer Indonesia
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unikom.ac.id/14966/ http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-relanigust-18533 |
Daftar Isi:
- Kepuasan kerja merupakan perasaan karyawan yang berhubungan dengan pekerjaannya, apakah itu perasaan positif atau negatif. Apabila kepuasan tersebut terpenuhi akan meningkatkan prestasi kerja para karyawan, sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan kerja karyawan, prestasi kerja karyawan dan pengaruh kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT. INTI (Persero) Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan variabel bebas (X) adalah Kepuasan Kerja, dan Variabel Terikat (Y) adalah Prestasi Kerja Karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dan pengamatan. Unit analisis penelitian ini adalah karyawan pada PT. INTI (Persero), Divisi JTT (Jaringan Telekomunikasi Tetap), JTS (Jaringan Telekomunikasi Seluler), OSP (Out Side Plant), JIT (Jaringan Integrasi Teknologi), JTP (Jaringan Telekomunikasi Privat), khususnya bagian pelaksana. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 karyawan, diambil dengan teknik simpel random sampling. Uji analisis data menggunakan Rank Spearman dengan bantuan program SPSS 14.0 for windows dan determinasi. Kepuasan kerja karyawan sudah terpenuhi dengan baik, dan prestasi kerja karyawan termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja berpengaruh pada prestasi kerja karyawan PT. INTI (Persero) Bandung sebesar 40,1% . Sedangkan selebihnya, yaitu 59,9 %, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain seperti pemberian kompensasi, penempatan, pelatihan, dan lain-lain.