Pembangunan Sistem Informasi Anggaran Kinerja Pada Kantor Pertanahan Kota Bandung

Main Author: Rusniati, Iin
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/14258/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-iinrusniat-18513
Daftar Isi:
  • Pemerintah dalam menjalankan seluruh program dan rencana kerjanya berdasarkan pada suatu pedoman atau acuan yang memuat seluruh aspek dan kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu periode. Pedoman ini lebih dikenal dengan istilah anggaran. Anggaran pada instansi pemerintah mulai tahun anggaran 2005 telah menggunakan pendekatan kinerja. Akan tetapi dalam praktiknya, belum adanya sistem informasi yang mendukung dalam proses pengolahan anggaran kinerja.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui anggaran kinerja dan membangun sistem anggaran berbasis kinerja pada Kantor Pertanahan Kota Bandung. Dalam penelitian ini data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode pendekatan sistem yang berorientasi pada metode analisis terstruktur yang meliputi penggunaan model fisik dan pembagian struktur berupa diagram konteks, diagram aliran data, kamus data, spesifikasi proses dan diagram relasi entitas. Dan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metodologi SDLC yang merupakan suatu siklus tahapan aktifitas yang sistematik untuk membangun suatu sistem yang meliputi tahapan analisis, spesifikasi, perancangan, pengembangan, pengujian sistem serta implementasi dan pemeliharaan system. Berdasarkan hasil analisis, maka dirancanglah sebuah perangkat lunak yang dapat menangani pengolahan anggaran kinerja. Perangkat lunak ini menggunakan Borland Delphi 7 sebagai desain tampilan antar muka dan Microsoft SQL Server sebagai media pengelola databasenya. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa pembangunan sistem informasi anggaran kinerja yang terkomputerisasi dapat memudahkan suatu kegiatan yang dirumuskan dalam rencana kerja yang sistematis dari program yang akan dilaksanakan.