PENGARUH PENERIMAAN PIUTANG DARI PELANGGAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada PT. Excelcomindo Pratama)

Main Author: Liawati
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/12683/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-liawatinim-16085
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penerimaan piutang dari pelanggan, mengetahui perkembangan profitabilitas, serta untuk mengetahui pengaruh Penerimaan Piutang dari Pelanggan terhadap Profitabilitas pada PT. Excelcomindo Pratama. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Profitabilitas dihitung dengan menggunakan perhitungan Return On Asset (ROA). Metode penarikan sampel yang digunakan adalah non probability sampling yaitu dengan mengunakan sampel jenuh. Untuk mengetahui pengaruh Penerimaan Piutang dari Pelanggan terhadap Profitabilitas digunakan pengujian statistik. Pengujian statistik yang digunakan adalah penggunaan regresi linier, koefisien korelasi pearson, koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan aplikasi SPSS 15.0 for windows untuk memperkuat perhitungan secara manual. Dari hasil perhitungan koefisien korelasi, hubungan Penerimaan Piutang dari Pelanggan terhadap Profitabilitas adalah sangat kuat dan searah. Hubungan Penerimaan Piutang dari Pelanggan terhadap Profitabilitas adalah sebesar 81,6%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 18,4% dipengaruhi oleh faktor lain seperti penjualan, sewa, dividen dan pendapatan jasa telepon lainnya. Hasil uji t menunjukan thitung > ttabel, nilai tersebut mengandung arti bahwa Penerimaan Piutang dari Pelanggan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Profitabilitas atau dengan kata lain hipotesis penulis yang mengungkapkan Penerimaan Piutang dari Pelanggan berpengaruh terhadap Profitabilitas terbukti.