Sistem Informasi Karcis Langganan Tol Pada Perusahaan PT. Jasa Marga (Persero) Tbk

Main Authors: Junaedi, Ari, Yanto, Andri, Yuliansyah, Helmi
Format: Article PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/12558/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-arijunaedi-20256
Daftar Isi:
  • Jalan tol merupakan salah satu yang menunjang pertumbuhan sektor ekonomi dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu jalan tol juga dapat memberikan solusi yang baik bagi kelancaran lalu-lintas yang berdampak pada kelancaran pengiriman barang dan jasa dari suatu daerah ke daerah lain. PT. Jasa Marga (Persero). Tbk. Adalah satu-satunya badan usaha yang ditunjuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pengelolaan jalan tol dan jembatan di indonesia. Dalam aktifitas operasionalnya, penerimaan yang menjadi pendapatan utama perusahaan berasal dari hasil transaksi di gardu tol di ruas-ruas jalan tol yang dikelola. Selain itu, penerimaan pendapatan diperoleh oleh penjualan Karcis Langganan Tol (KLT). Berdasarkan kajian kepala cabang padaleunyi tahun 2004 (sekarang purbaleunyi) bahwa standar transaksi untuk cabang padaleunyi di gardu masuk rata-rata adalah 6 detik, sedangkan untuk transaksi rata-rata di gardu keluar berkisar 10 detik. Jadi, bila pemakai jalan memakai uang yang mengharuskan adanya uang kembali, maka transaksinya akan menjadi lebih lama lagi.