SISTEM INFORMASI PELAYANAN PASANG BARU DAN TAMBAH DAYA LISTRIK DI PT. PLN (PERSERO) UPJ CIJAWURA BANDUNG

Main Author: Syap, Efiani
Format: Thesis PeerReviewed
Terbitan: Universitas Komputer Indonesia , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.unikom.ac.id/11831/
http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikompp-gdl-efianisyap-15210
Daftar Isi:
  • PT. PLN merupakan suatu Badan Usaha Milik Negara yang memberikan kebutuhan pelayanan akan listrik, dimana perusahaan tersebut harus memberikan pelayanan terhadap pelanggan dengan sebaik-baiknya. Akan tetapi proses pengolahan data pelanggan masih secara manual sehingga memperlambat dalam pengelolaan data, pencarian data, perhitungan maupun dalam pembuatan laporan. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem informasi pelayanan pasang baru dan tambah daya ini adalah metode waterfall dan menggunakan beberapa alat bantu perancangan sistem seperti flowmap, diagram konteks, data flow diagram, sedangkan untuk perancangan database alat bantu yang digunakan adalah normalisasi, entity relational diagram, dan tabel relasi. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Visual Basic 6.0 dan SQL Server 2000 sebagai database untuk membangun aplikasi pelayanan pasang baru dan tambah daya. Sistem informasi pelayanan pasang baru dan tambah daya yang dibangun merupakan solusi yang diharapkan agar dapat mempermudah dalam proses pengolahan data pelanggan dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ingin melaksanakan pasang baru dan tambah daya serta mempercepat dalam proses perhitungan dan pembuatan laporan