Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm), Geronimo Fm (106.1 Fm), Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM))

Main Author: Trinoviana, Anindita
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Komunikasi , 2018
Online Access: https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/9920
https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/9920/7898
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara. Penelitian ini mewawancarai tiga radio yang aktif di media sosial di Yogyakarta, yakni Swaragama FM, Geronimo FM dan Prambors Radio. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga radio melakukan strategi yang sama untuk memperluas khayalak yakni branding, promosi, positioning, riset, dan memanfaatkan teknologi saat ini. Dari segi pemasang iklan, ketiga radio menawarkan paket pemasangan iklan di media sosial maupun on air yang disebut dengan bandling. Konvergensi telah mempengaruhi ketiga radio ini dengan meluasnya jangkauan khalayak hingga mancanegara, yakni Eropa, Amerika, Hongkong, Thailand dan Rusia. Begitu pun dengan pemasangan iklan dari brand nasional. Sehingga, hasil yang didapatkan oleh ketiga radio, yakni meningkatnya jumlah pendengar dan pemasang iklan di era konvergensi media saat ini yang berpengaruh terhadap sumber pendapatan ketiga radio. Kata Kunci: Konvergensi Media, Perluasan Pasar Audience, Radio