MANAJEMEN MUTU DALAM PENGEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH (STUDI KASUS DI MTS WALISONGO 1 MARON PROBOLINGGO)

Main Author: Aliwafa, Aliwafa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Tarbiyah IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo , 2017
Subjects:
Online Access: http://jurnal.iainuruljadid.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/154
http://jurnal.iainuruljadid.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/154/139
Daftar Isi:
  • The existence of madrassas is firmly rooted in the noble values and scientific tradition of Islam that is expected to be a solution to the double standards of education in Indonesia, between schools and public schools. People still look at it less interesting to the public schools more gemilau. This phenomenon led to the idea of modernizing madrasah education to match the general educational institutions are considered to have been dashed away. MTs have enough challenges vary given the shift in society's view of Islamic education.The quality of the reference quality education according to market demands. MTs Walisongo 1 Maron is one of the madrasah is the choice and demonstrate achievements in the past five years. Quality management has evolved from a measurement into a management system in madrassas. Quality management in the madrasah strived to utilize resources with the principle POACH oriented to quality. Eksistensi madrasah berakar kuat pada nilai-nilai luhur dan tradisi keilmuan islam yang diharapkan menjadi solusi standar ganda pendidikan di Indonesia, antara pesantren dan sekolah umum. Masyarakat masih memandangnya kalah menarik dengan sekolah umum yang lebih gemilau. Fenomena ini berujung pada gagasan modernisasi pendidikan madrasah agar setara dengan lembaga pendidikan umum yang dianggap telah melesat jauh. Madrasah Tsanawiyah memiliki tantangan yang cukup beragam mengingat adanya pergeseran pandangan masyarakat terhadap pendidikan islam.Mutu menjadi acuan pendidikan berkualitas sesuai keinginan pasar. MTs Walisongo 1 Maron merupakan salah satu madrasah yang menjadi pilihan dan menunjukkan prestasi dalam lima tahun terakhir. Manajemen mutu telah berkembang dari sebuah pengukuran menjadi sebuah sistem manajemen di madrasah. Manajemen mutu pada madrasah diupayakan untuk mendayagunakan sumber daya dengan prinsip POACH yang berorientasi kepada mutu.