Daftar Isi:
  • ABSTRAK ANALISIS KETERAMPILAN MEMPREDIKSI DAN MENGELOMPOKKAN PADA SISTEM KOLOID MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING Oleh HELVIRA AYSAH Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memprediksi dan mengelompokkan pada sistem koloid melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa berkemampuan kognitif tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA5 SMA Perintis 1 tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan pre-eksperimental dengan desain one shot case study. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) keterampilan siswa mem-prediksi untuk kelompok tinggi berkriteria 75% sangat baik, dan 25% baik; kelompok sedang 25% berkriteria sangat baik, 75% baik; kelompok rendah 25% ber-kriteria baik, 50% cukup, dan 25% kurang. (2) Keterampilan mengelompokkan, untuk kelompok tinggi 75% berkriteria sangat baik, dan 25% baik; kelompok sedang 44% sangat baik, 44% baik, dan 12% cukup; kelompok rendah 25% berkriteria sangat baik, 50% baik, dan 25% cukup. Kata kunci : inkuiri terbimbing, keterampilan memprediksi dan mengelompokkan, kelompok kognitif.