EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh pencapaian persentase siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis siswa dengan baik (mempunyai nilai serendah-rendahnya 70) tidak lebih dari 60%. Kata Kunci: efektivitas, pembelajaran tipe TTW, representasi matematis.