ctrlnum 8342
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN&#xD; KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI TAHAPAN&#xD; PERKEMBANGAN MANUSIA&#xD; (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester&#xD; Ganjil SMP Negeri 1 Banjit Tahun Pelajaran 2013/2014)</title><creator>Pebriani, 0743024043</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit Way Kanan, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa.&#xD; Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretest-postest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A danVIII C yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest-postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas&#xD; belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model TPS yang dianalisis secara deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria tinggi yaitu 79,17 %, hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu aspek mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (76,51%), bekerja sama dalam tim berkriteria tinggi (81,26%), dan mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria tinggi (78,85%). Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (40,46), postest (79,06), N-gain (60,45). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model TPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model TPS berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep siswa.&#xD; Kata kunci : aktivitas belajar, TPS, penguasaan konsep, tahapan perkembangan manusia</description><publisher>Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan</publisher><date>2015-03-19</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/42/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/43/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/9/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/10/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/11/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/116/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/15/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/16/BAB%20IV%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/17/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8342/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Pebriani, 0743024043 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Banjit Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/8342/</relation><recordID>8342</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Pebriani, 0743024043
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Banjit Tahun Pelajaran 2013/2014)
publisher Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
publishDate 2015
isbn 9780743024044
topic LB Theory and practice of education
QH301 Biology
url http://digilib.unila.ac.id/8342/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/3/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/42/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/43/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/8/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/9/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/10/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/11/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/13/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/116/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/15/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/16/BAB%20IV%20.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8342/
contents Hasil observasi di kelas VIII SMP Negeri 1 Banjit Way Kanan, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa, salah satunya dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan penguasaan konsep oleh siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimental dengan desain pretest-postest non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A danVIII C yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest-postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model TPS yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria tinggi yaitu 79,17 %, hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu aspek mengemukakan ide atau pendapat berkriteria tinggi (76,51%), bekerja sama dalam tim berkriteria tinggi (81,26%), dan mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria tinggi (78,85%). Penguasaan konsep oleh siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretest (40,46), postest (79,06), N-gain (60,45). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model TPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model TPS berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, TPS, penguasaan konsep, tahapan perkembangan manusia
id IOS4198.8342
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:13:13Z
last_indexed 2017-04-20T08:13:13Z
recordtype dc
_version_ 1686096567916822528
score 17.538404