ctrlnum 8334
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS&#xD; ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD)DALAM MENINGKATKAN&#xD; PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII&#xD; SMP SANTO THOMAS TOTOKARTO ADILUWIH&#xD; SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN&#xD; 2010/2011</title><creator>1013114002, RAFAEL EKO SUPRIYONO</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Tujuan penelitian adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams&#xD; Achievement Devisions (STAD)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa,&#xD; memberikan sumbangan pemikiran bagi guru mata pelajaran PKn dan guru mata&#xD; pelajaran yang lain tentang efektivitas penggunaan model pembelajaran Student Teams&#xD; Achievement Devisions (STAD)&#xD; Model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD)merupakan&#xD; pembelajaran kooperatif yang sederhana dan mudah untuk dilaksanakan pada&#xD; pembelajaran terutama bagi para guru yang baru menggunakannya. Kesederhanaan ini&#xD; nanmpak pada beberapa langkah kegiatan yang dilakukan pada model pembelajaran&#xD; Student Teams Achievement Devisions (STAD)yaitu guru menyampaikan meteri&#xD; pelajaran dilanjutkan siswa dengan berdiskusi dan selanjutnya melakukan pengisian&#xD; lembar kerja secara individu dan secara individu siswa mengerjakan soal.&#xD; Pembelajaran penggunaan model Student Teams Achievement Devisions (STAD)ada&#xD; lima komponen diantaranya pertama presentasi kelas, kedua belajar kelompok, ketiga&#xD; pemberian peranyaan, keempat peningkatan skor individu, dan kelima penghargaan&#xD; kelompok.&#xD; Student Teams Achievement Devisions (STAD)adalah sebuah model pembelajaran&#xD; yang dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap persiapan dan proses. Tahap persiapan&#xD; diantaranya, menentukan materi, menugaskan siswa membentuk kelompok dan&#xD; menentukan Skor prestasi awal. Sedangkan tahap proses diantaranya mengajar yang&#xD; mencakup presentasi, pembukaan, pengembangan dan latihan terbimbing.&#xD; Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas.&#xD; Penelitian ini berusaha mengkaji, merefleksikan secara kritis dan kolaboratif suatu&#xD; rencana pembelajaran terhadap kinerja guru serta interaksi antara guru dan siswa.&#xD; Penelitian tindakan kelas atau biasa disebut dengan class room active research ialah&#xD; suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar sebuah tindakan yang sengaja&#xD; dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama.&#xD; Penelitian ini dilakukan untuk menemukan suatu jawaban atas adanya masalah yang&#xD; dihadapi guru dalam menerapkan metode pembelajaran STAD dalam rangka&#xD; meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas&#xD; (PTK) yang bersifat siklus dan terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang dilakukan&#xD; dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu&#xD; planning, acting, observating, dan reflecting.&#xD; Dalam satu siklus terdapat empat tahapan. Sesudah suatu siklus selesai, khususnya&#xD; sesudah adanya refleksi, kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang yang&#xD; dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi tiga siklus, setiap siklus terdiri dari suatu&#xD; kompetensi dasar yang terdiri dari tiga kali pertemuan, dan setiap satu kompetensi&#xD; dasar selesai akan diadakan tes formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa&#xD; pada materi pokok tersebut serta dilakukan observasi untuk melihat aktivitas siswa&#xD; dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran STAD.&#xD; Untuk langkah-langkah kegiatannya antara lain&#xD; 1. Membentuk kelompok&#xD; 2. Guru menyajikan pelajaran berdasar SK dan KD&#xD; 3. Guru memberi tugas kepada kelompok&#xD; 4. Guru memberi pertanyaan&#xD; 5. Guru memberikan evaluasi&#xD; 6. Kesimpulan.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD ternyata&#xD; dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari pencapaian nilai&#xD; sebelum dan sesudah menggunakan metode STAD&#xD; Berdasarkan dua keterangan ini maka dapat disimpulkan model pembelajaran STAD&#xD; merupakan suatu pendekatan kooperatif yang paling sederhana dan mudah untuk&#xD; dilaksanakan pada pembelajaran terutama bagi para guru yang baru menggunakannya.&#xD; Kesederhanaan ini nampak pada beberapa langkah kegiatan yang dilakukan dalam&#xD; model STAD yaitu guru menyampaikan materi pelajaran, dengan berdiskusi siswa&#xD; mengerjakan lembar kerja, dan secara individu siswa mengerjakan ulangan.</description><date>2013-01-01</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/2/cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/3/Cover%20Dalam.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/4/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/5/KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/6/MOTTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/7/Pengesahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/9/Persetujuan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/10/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/12/SURAT%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/13/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/14/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/15/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/16/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/17/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/8334/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> 1013114002, RAFAEL EKO SUPRIYONO (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD)DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO THOMAS TOTOKARTO ADILUWIH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011. UNSPECIFIED. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/8334/</relation><recordID>8334</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author 1013114002, RAFAEL EKO SUPRIYONO
title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISIONS (STAD)DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VIII SMP SANTO THOMAS TOTOKARTO ADILUWIH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011
publishDate 2013
isbn 9781013114007
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/8334/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/2/cover.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/3/Cover%20Dalam.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/4/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/5/KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/6/MOTTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/7/Pengesahan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/8/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/9/Persetujuan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/10/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/12/SURAT%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/13/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/14/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/15/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/16/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/8334/
contents Tujuan penelitian adalah bahwa penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD)dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, memberikan sumbangan pemikiran bagi guru mata pelajaran PKn dan guru mata pelajaran yang lain tentang efektivitas penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD) Model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD)merupakan pembelajaran kooperatif yang sederhana dan mudah untuk dilaksanakan pada pembelajaran terutama bagi para guru yang baru menggunakannya. Kesederhanaan ini nanmpak pada beberapa langkah kegiatan yang dilakukan pada model pembelajaran Student Teams Achievement Devisions (STAD)yaitu guru menyampaikan meteri pelajaran dilanjutkan siswa dengan berdiskusi dan selanjutnya melakukan pengisian lembar kerja secara individu dan secara individu siswa mengerjakan soal. Pembelajaran penggunaan model Student Teams Achievement Devisions (STAD)ada lima komponen diantaranya pertama presentasi kelas, kedua belajar kelompok, ketiga pemberian peranyaan, keempat peningkatan skor individu, dan kelima penghargaan kelompok. Student Teams Achievement Devisions (STAD)adalah sebuah model pembelajaran yang dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap persiapan dan proses. Tahap persiapan diantaranya, menentukan materi, menugaskan siswa membentuk kelompok dan menentukan Skor prestasi awal. Sedangkan tahap proses diantaranya mengajar yang mencakup presentasi, pembukaan, pengembangan dan latihan terbimbing. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berusaha mengkaji, merefleksikan secara kritis dan kolaboratif suatu rencana pembelajaran terhadap kinerja guru serta interaksi antara guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas atau biasa disebut dengan class room active research ialah suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam kelas secara bersama. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan suatu jawaban atas adanya masalah yang dihadapi guru dalam menerapkan metode pembelajaran STAD dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat siklus dan terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus, yaitu planning, acting, observating, dan reflecting. Dalam satu siklus terdapat empat tahapan. Sesudah suatu siklus selesai, khususnya sesudah adanya refleksi, kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang yang dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri. Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi tiga siklus, setiap siklus terdiri dari suatu kompetensi dasar yang terdiri dari tiga kali pertemuan, dan setiap satu kompetensi dasar selesai akan diadakan tes formatif untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada materi pokok tersebut serta dilakukan observasi untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran STAD. Untuk langkah-langkah kegiatannya antara lain 1. Membentuk kelompok 2. Guru menyajikan pelajaran berdasar SK dan KD 3. Guru memberi tugas kepada kelompok 4. Guru memberi pertanyaan 5. Guru memberikan evaluasi 6. Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat terlihat dari pencapaian nilai sebelum dan sesudah menggunakan metode STAD Berdasarkan dua keterangan ini maka dapat disimpulkan model pembelajaran STAD merupakan suatu pendekatan kooperatif yang paling sederhana dan mudah untuk dilaksanakan pada pembelajaran terutama bagi para guru yang baru menggunakannya. Kesederhanaan ini nampak pada beberapa langkah kegiatan yang dilakukan dalam model STAD yaitu guru menyampaikan materi pelajaran, dengan berdiskusi siswa mengerjakan lembar kerja, dan secara individu siswa mengerjakan ulangan.
id IOS4198.8334
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:13:13Z
last_indexed 2017-04-20T08:13:13Z
recordtype dc
_version_ 1686096567873830912
score 17.538404