PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SD NEGERI 2 WONOSARI
ctrlnum |
813 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE JIGSAW DI SD NEGERI 2 WONOSARI</title><creator>Marto, SUMIYATI</creator><subject>BF Psychology</subject><subject>L Education (General) = Pendidikan </subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakankelas dengan 3 siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini pada siklus I menunjukkan rata-rata persentase aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi berturut-turut adalah 45%, 52,5% dan 62,5%. Rata-rata nilai tes formatif yang digunakan juga untuk mengukur prestasi rata-rata adalah 62,375. Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi berturut-turut adalah 55%, 62,5% dan 77,5%. Rata-rata nilai tes formatif pada siklus ini adalah 66,5. Pada siklus III rata-rata persentase aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi berturut-turut adalah 70%, 705% dan 87,5%. Rata-rata nilai tes formatif pada siklus ini adalah 72.</description><publisher>Fakultas KIP</publisher><date>2011-09-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/1/1.%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/2/2.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/3/3.%20pernyataan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/4/4.%20menyetujui.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/5/5.%20MENGESAHKAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/7/bab%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/8/bab%202.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/9/bab%203.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/10/bab%204.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/11/bab%205.pdf</identifier><type>Document:Archive</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/813/12/LAMPIRAN.zip</identifier><identifier> Marto, SUMIYATI (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SD NEGERI 2 WONOSARI. Fakultas KIP, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/813/</relation><recordID>813</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:Archive Document Report:Report Report |
author |
Marto, SUMIYATI |
title |
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE JIGSAW DI SD NEGERI 2 WONOSARI |
publisher |
Fakultas KIP |
publishDate |
2011 |
topic |
BF Psychology L Education (General) = Pendidikan LB Theory and practice of education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/813/1/1.%20COVER.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/2/2.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/3/3.%20pernyataan.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/4/4.%20menyetujui.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/5/5.%20MENGESAHKAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/6/10.%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/7/bab%201.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/8/bab%202.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/9/bab%203.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/10/bab%204.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/11/bab%205.pdf http://digilib.unila.ac.id/813/12/LAMPIRAN.zip http://digilib.unila.ac.id/813/ |
contents |
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan peningkatan prestasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakankelas dengan 3 siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian ini pada siklus I menunjukkan rata-rata persentase aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi berturut-turut adalah 45%, 52,5% dan 62,5%. Rata-rata nilai tes formatif yang digunakan juga untuk mengukur prestasi rata-rata adalah 62,375. Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi berturut-turut adalah 55%, 62,5% dan 77,5%. Rata-rata nilai tes formatif pada siklus ini adalah 66,5. Pada siklus III rata-rata persentase aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan dan berdiskusi berturut-turut adalah 70%, 705% dan 87,5%. Rata-rata nilai tes formatif pada siklus ini adalah 72. |
id |
IOS4198.813 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:04:14Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:04:14Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096518484852736 |
score |
17.538404 |