PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 ABUNG PEKURUN
Daftar Isi:
- ABSTRAK Siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran hanya mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dengan demikian diperlukan suatu alternatif pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa dengan mengkondisikan siswa sebagai subjek belajar. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran talking stick. Keunggulan dari model pembelajaran ini adalah siswa lebih siap melakukan proses pembelajran karena siswa diberikan kesempatan untuk membaca materi sebelum pembelajaran di mulai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas visual dan hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas visual dan hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Abung Pekurun tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 193 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling dengan cara di undi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji U (Mann Whitney) diperoleh nilai sig.0,00 < 0,05. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan mengunakan model pembelajaran talking stick terhadap aktifitas visual siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun. Dan analisis uji t memperoleh nilai probabilitas 0,003 < 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan mengunakan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Abung Pekurun.