ctrlnum 7645
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>REPUTASI UNDERWRITER DAN REPUTASI AUDITOR &#xD; DALAM MENENTUKAN UNDERPRICING KETIKA &#xD; INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) &#xD; (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Go Public Tahun 2010-2012)</title><creator>F. Inggrid Krismasary, 1116051025</creator><subject>HF5601 Accounting</subject><subject>HJ Public Finance</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing pada penawaran saham perdana perusahaan go public atau pada saat IPO (Initial Public Offering) di BEI tahun 2010-2012. Underpricing yaitu selisih positif antara harga saham dipasar sekunder dengan harga dipasar perdana.&#xD; Hasil pengujian ini dilakukan pada 60 sampel perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Ada empat variabel yang diduga mempengaruhi tingkat underpricing yaitu reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan dan umur perusahaan.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan bantuan Eviews 7, dan diperoleh hasil bahwa tidak semua variabel yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing secara parsial. Variabel yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat underpricing adalah reputasi underwiter. Secara simultan variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan dan umur perusahan berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing variabel reputasi underwriter yang memiliki faktor yang berpengaruh paling dominan.&#xD; &#xD; &#xD; ABSTRACT&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; This study aims to examine the factors that influence the phenomenon of underpricing in IPO firms go public or at the time of IPO ( Initial Public Offering) on the BEI in 2010-2012. Underpricing is the positive difference between the secondary market price of the shares at the market price of prime.&#xD; The results of these tests were performed on 60 samples. Data used in this research was secondary data. There are four variables thought to affect the level of underpricing that reputation of underwriter, auditor&#x2019;s reputation, size of company, and age of a company.&#xD; The method used in this study is multiple regression with the help of Eviews 7, and obtained results that not all the variables studied had a significant effect on the level of underpricing partially. Variables that have a significant effect on the level of underpricing is partially reputation of underwriter. Simultaneously variables reputaion of underwriter, auditor&#x2019;s reputation, size of company, and age of a company. Among the factors that affect the level of underpricing the variable reputation of underwriter is the most dominant influencing factor.&#xD; &#xD; Keywords: Underpricing, reputation of underwriter, auditor&#x2019;s reputation, size of company, and age of a company.</description><publisher>Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik</publisher><date>2015-02-27</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/2/ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/3/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/6/PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/8/PERSEMBAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/9/MOTO.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/10/SANWACANA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/11/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/12/DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/13/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/14/DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/15/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/16/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/17/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/18/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/19/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/7645/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> F. Inggrid Krismasary, 1116051025 (2015) REPUTASI UNDERWRITER DAN REPUTASI AUDITOR DALAM MENENTUKAN UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Go Public Tahun 2010-2012). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/7645/</relation><recordID>7645</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author F. Inggrid Krismasary, 1116051025
title REPUTASI UNDERWRITER DAN REPUTASI AUDITOR DALAM MENENTUKAN UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Go Public Tahun 2010-2012)
publisher Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
publishDate 2015
isbn 9781116051025
topic HF5601 Accounting
HJ Public Finance
url http://digilib.unila.ac.id/7645/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/2/ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/3/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/6/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/8/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/9/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/10/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/11/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/12/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/13/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/14/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/15/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/16/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/17/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/18/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/19/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/7645/
contents ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing pada penawaran saham perdana perusahaan go public atau pada saat IPO (Initial Public Offering) di BEI tahun 2010-2012. Underpricing yaitu selisih positif antara harga saham dipasar sekunder dengan harga dipasar perdana. Hasil pengujian ini dilakukan pada 60 sampel perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Ada empat variabel yang diduga mempengaruhi tingkat underpricing yaitu reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan dan umur perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan bantuan Eviews 7, dan diperoleh hasil bahwa tidak semua variabel yang diteliti memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat underpricing secara parsial. Variabel yang memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap tingkat underpricing adalah reputasi underwiter. Secara simultan variabel reputasi underwriter, reputasi auditor, ukuran perusahaan dan umur perusahan berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Diantara faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat underpricing variabel reputasi underwriter yang memiliki faktor yang berpengaruh paling dominan. ABSTRACT This study aims to examine the factors that influence the phenomenon of underpricing in IPO firms go public or at the time of IPO ( Initial Public Offering) on the BEI in 2010-2012. Underpricing is the positive difference between the secondary market price of the shares at the market price of prime. The results of these tests were performed on 60 samples. Data used in this research was secondary data. There are four variables thought to affect the level of underpricing that reputation of underwriter, auditor’s reputation, size of company, and age of a company. The method used in this study is multiple regression with the help of Eviews 7, and obtained results that not all the variables studied had a significant effect on the level of underpricing partially. Variables that have a significant effect on the level of underpricing is partially reputation of underwriter. Simultaneously variables reputaion of underwriter, auditor’s reputation, size of company, and age of a company. Among the factors that affect the level of underpricing the variable reputation of underwriter is the most dominant influencing factor. Keywords: Underpricing, reputation of underwriter, auditor’s reputation, size of company, and age of a company.
id IOS4198.7645
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:12:16Z
last_indexed 2017-04-20T08:12:16Z
recordtype dc
_version_ 1686096563177259008
score 17.538404