Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan belajar siswa kelas III SD Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Role Playing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SD Al Kautsar Bandar Lampung. Aktivitias siswa pada siklus I reratanya mencapai 72,40 dengan keaktifan siswa mencapai 25 orang siswa atau 78,13% dinyatakan aktif dalam pembelajaran. Pada siklus II rerata aktivitas siswa mencapai 79,00 dengan keaktifan siswa mencapai 29 orang siswa atau 90,63% dinyatakan aktif dalam pembelajaran. Pada hasil belajar siswa siklus I, persentase ketuntasan siswa mencapai 78% siswa atau 25 orang siswa dinyatakan tuntas. Pada hasil belajar siklus II, persentase ketuntasan siswa mencapai 90,36% siswa atau 29 orang siswa dinyatakan tuntas. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar dan model pembelajaran Role Playing