Daftar Isi:
  • Seiring berkembangnya teknologi dan banyaknya pelaku bisnis secara online di Indonesia, mengakibatkan persaingan ketat antar pelaku bisnis dalam memperebutkan pelanggan, ditambah lagi karena ini merupakan bisnis online di Instagram, hal lain yang dihadapi ialah, sulitnya mendapat kepercayaan konsumen, karena itu pelaku bisnis yang ingin meningkatkan penjualan serta mendapatkan kepercayaan konsumen perlu mencari suatu cara yang tepat agar dapat meraih pelanggan dalam persingan yang ketat tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan serta mendapatkan kepercayaan konsumen, yaitu dengan menggunakan iklan. Agar iklan dapat menarik perhatian konsumen, maka para pelaku bisnis menggunakan selebriti sebagai tokoh pendukungnya atau biasa disebut celebrity endorser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan sub-variabel yang paling dominan adalah credibility dan indikator yang paling besar pengaruhnya adalah keterampilan dan yang paling rendah adalah pengetahuan, selanjutnya attractiveness dan indikator yang paling besar pengaruhnya adalah gaya hidup dan yang paling rendah adalah berjiwa muda, sedangkan sub-variabel yang paling rendah yaitu meaningfulness, dan indikator yang paling besar pengaruhnya adalah prestasi dan yang paling rendah pengaruhnya adalah resputasi. Mengenai keputusan pembelian, responden setuju apabila dikatakan melakukan keputusan pembelian dikarenakan terpengaruh Keterampilan dan Prestasi celebrity endorser. Keyword: Celebrity Endorser, Credibility, Attractiveness, Meaningfulness, Keputusan Pembelian.