EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian ini adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sebagai sampel penelitian adalah kelas VII-C dan VII-D yang dipilih dari tujuh kelas secara acak. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi daripada yang mengikuti pembelajaran konvensional dan 70% atau lebih siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TGT tuntas belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif diterapkan ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa.