PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 2 SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Sucipto, YUSPA MAY LINDA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Archive Report
Terbitan: FKIP , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/684/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/684/8/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/684/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Sabah Balau Lampung Selatan. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menerapkan model cooperative learning tipe think pair share. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, kinerja guru, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe think pair share pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Sabah Balau Lampung Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (57,59), siklus II (66,24) dan siklus III (78,65). Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8,65, dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 12,41. Kemudian untuk rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (65,88), siklus II menjadi (69,81) dan siklus III sebesar (81). Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 3,93 dan pada siklus II ke siklus III meningkat sebesar 11,19. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I (53,85%), siklus II (61,54%), dan siklus III (80,77%). Kata kunci: Model cooperative learning tipe think pair share, aktivitas belajar, hasil belajar, IPS.