PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA REALIA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN I CANDIMAS KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Main Author: Ibrahim, SUHENDRA
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Archive Report
Terbitan: FKIP , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/670/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/670/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/670/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/670/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/670/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/670/6/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/670/7/LAMPIRAN.zip
http://digilib.unila.ac.id/670/
Daftar Isi:
  • Aktifitas belajar IPA siswa kelas IV SDN I Candimas Natar rendah, demikian juga dengan prestasi belajar siswa belum mencapai KKM. Maka dilakukanlah penelitian tindakan kelas (PTK) yang tujuannya untuk meningkatkan aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa melalui Media Realia. Sebagai salah satu media pembelajaran, realia memiliki potensi untuk digunakan dalam berbagai topik mata pelajaran. Realia mampu memberikan pengalaman belajar langsung (Hands o Experience) bagi sisiwa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik non tes (observasi). Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilakuakan dalam 2 siklus, setiap siklus adalah : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media realia dalam pembelajaran IPA telah meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada SD Negeri I Candimas kelas IV yang berjumlah 26 siswa . Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas siswa pada siklus I 52 % menjadi 67,38 % di siklus II. Prestasi Belajar Siswa mengalami peningkatan, dari 53,85% pada siklus I meningkat menjadi 92,30 % pada akhir siklus II. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Media Realia