Daftar Isi:
  • Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan mengungkapkan ide matematika dalam bentuk lain yang setara. Kemampuan ini dapat dikembangkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS atau tipe TTW. Pembelajaran kooperatif tipe TPS memiliki tahapan berpikir, berpasangan, dan berbagi, sedangkan pembelajaran kooperatif tipe TTW memiliki tahapan berpikir, berbicara, dan menulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TTW. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mitra Bakti Bandar Sribhawono Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas, sampel penelitian adalah kelas VIII A dan VIII B yang diambil melalui teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada tipe TPS.