PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 NATAR KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 1 NATAR KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014 Oleh RESDA WATI Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses belajar dan hasil belajar IPA melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw yang dilaksanakan di SDN 1 Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. prosedur penelitian adalah 2 siklus dan masing-masing siklus berjumlah 2 pertemuan. Metode analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Uji hipotesa tindakan menggunakan teknik korelasi product moment Karl Pearson. Subjek yang diteliti siswa Kelas IV yang berjumlah 26 Siswa terdiri dari 14 Laki- Laki dan 12 Perempuan Hasil penelitian menunjukkan penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai keterampilan proses yang cukup signifikan dari siklus 1 pertemuan 1 dan 2 yaitu 13.50% dan 34.6% meningkat pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 sebesar 46.2% dan 63.5% dengan kriteria sedang. Penilaian hasil belajar IPA yang dapat dilihat dari siklus 2 pertemuan 1 dan 2 siswa yang telah tuntas mencapai indikator keberhasilan penelitian > 80%. Kemudian korelasi antara variabel keterampilan proses belajar dengan variabel nilai hasil belajar IPA sebesar +0,34 memiliki hubungan yang rendah/lemah berdasarkan skala makna nilai korelasi product moment karl pearson yang menyatakan skala nilai 0,20 – 0,39 bermakna rendah/lemah namun memiliki hubungan yang positif Kata Kunci: Keterampilan Proses, Hasil Belajar, Jigsaw