TINGKAT PERSAINGAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA USAHA PADA SENTRA INDUSTRI DIGITAL PRINTING DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Main Author: MUHAMMAD ARIF MUSLIMIN , 1611021029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65994/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65994/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65994/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65994/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat persaingan (struktur pasar) pada industri digital printing di Kota Bandar Lampung, serta bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja usaha. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, data diperoleh dari hasil kuisioner dan wawancara terhadap para perusahaan digital printing di Kota Bandar Lampung. Variabel terikat pada penelitian ini yaitu kinerja usaha dan variabel bebas yaitu pangsa pasar (market share). Penelitian ini menggunakan pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance) dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pasar pada industri digital printing di Kota Bandar Lampung berada pada pasar persaingan monopolistik, serta terdapat pengaruh signifikan positif antara tingkat persaingan (struktur pasar) terhadap kinerja usaha namun tidak besar. Hal tersebut disebabkan terdapat faktor lain yang mempengaruhi kinerja usaha yaitu prilaku usaha yang terdiri dari strategi produk, strategi harga, strategi produk strategi promosi dan layanan konsumen, dan strategi kerjasama. Kata Kunci: Kinerja Usaha, Perilaku Usaha, Struktur Pasar. The purpose of this study was to determine the level of competition (market structure) in the digital printing industry in Bandar Lampung, and how it affects business performance. The data source in this study is primary data, data obtained from questionnaires and interviews with digital printing companies in the city of Bandar Lampung. The dependent variable in this study is business performance and the independent variable is market share. This study uses the SCP (Structure-Conduct-Performance) approach and simple regression analysis. The results showed that the market structure of the digital printing industry in Bandar Lampung City was in a monopolistic competition market, and there was a significant positive influence between the level of competition (market structure) on business performance but it was not large. This is because there are other factors that affect business performance, namely business behavior consisting of product strategy, price strategy, product promotion strategy and customer service strategy, and cooperation strategy. Keywords: Business Behavior, Business Performance, Market Structure