PENGARUH SELF-EFFICACY SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021)
Main Author: | RIYAN RAMADHAN, 1613021041 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65954/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65954/2/SKRIPSI%20FULL%281%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/65954/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65954/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 20 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX F sebanyak 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian skala self-efficacy dan tes kemampuan komunikasi matematis yang merupakan data primer. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana dengan α= 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah self-efficacy siswa memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dengan persamaan regresi Y=0,57+0,10X yang artinya semakin tinggi self-efficacy siswa maka kemampuan komunikasi matematis siswa juga semakin tinggi. Kata kunci: Self-Efficacy, Kemampuan Komunikasi Matematis