PENGARUH BERMAIN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Main Author: Astrid Nabilla Utami, 1513054007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65910/1/2%20ABSTRAK%20ASTRID.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65910/2/SKRIPSI%20FULL%20REV%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65910/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN%20REV%202.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65910/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK PENGARUH BERMAIN KOOPERATIF TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN Oleh Astrid Nabila Utami Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak usia dini 5-6 tahun yang kurang maksimal dalam perkembangan sosial emosional. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kooperatif terhadap perkembangan social-emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex Post Facto atau kausal komperatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 30 anak, sedangkan teknik sampel yang digunakan yaitu Total Sampling dengan sampel sebanyak 30 anak. Teknik pengumplan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik data analisis menggunakan analisis tabel dan analisis uji hipotesis dengan rumus Regresi Liniear Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara bermain kooperatif dengan perkembangan social emosional ini berarti bahwa kegiatan bermain kooperatif dapat menstimulasi perkembangan social emosional anak usia dini Kata Kunci: anak usia dini, bermain kooperatif, perkembangan social emosional ABSTRACT THE EFFECT OF COOPERATIVE PLAY ON SOCIAL-EMOTIONAL DEVELOPMENT IN CHILDREN 5-6 YEARS OLD By Astrid Nabila Utami This research is motivated by the number of children aged 5-6 years who are not maximal in social emotional development. This study aims to determine the effect of cooperative play on the social-emotional development of children aged 5-6 years. This research is a quantitative study using the Ex Post Facto method or comparative causal. The population in the study was 30 children, while the sample technique used was total sampling with a sample of 30 children. The data collection technique uses observation and documentation, while the data analysis technique uses table analysis and hypothesis testing analysis with the Simple Linear Regression formula. The results showed that there was a positive influence between cooperative play and social emotional development. This means that cooperative play activities can stimulate early childhood social emotional development. Keywords : cooperative play, early childhood, social emotional development