Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme menggunakan Media Visual terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik SDN 7 Metro Pusat

Main Author: Revi Anindia Kristi, 1613053094
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65896/1/1.%20ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65896/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65896/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65896/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V SDN 7 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan pendekatan kontruktivisme menggunakan media visual terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu the none equivalent control group design. Populasi penelitian berjumlah 47 peserta didik dan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data adalah teknik nontes dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t-test . Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang positif signifikan pada penerapan pendekatan kontruktivisme menggunakan media visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 7 Metro Pusat dengan diketahui bahwa thitung > ttabel dan terdapat peningkatan pengetahuan peserta didik dengan katagori “Sedang”. Kata kunci: Hasil belajar, kontruktivisme, media visual, tematik. The problem of this study was the low thematic learning outcomes of students in class V SDN 7 Central Metro. The purpose of this study was to determine the positive and significant effect on the application of constructivism using visual media to learning outcomes. This type of research is experimental research. The research design used is the none equivalent control group design. The study population numbered 47 students and the sample was saturated. Data collection techniques are nontes and test techniques. The research instrument used was observation sheets and test questions. The data analysis technique used independent sample t-test. The results of the data analysis showed that there was a significant positive effect on the application of the constructivism approach using visual media on the learning outcomes of students in class V SDN 7 Central Metro with the knowledge that tcount> ttable and there was an increase in the knowledge of students with criteria of “Medium”. Keywords: constructivism, learning outcomes, thematic, visual media.