VALUASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD (TCM) OBJEK WISATA SLANIK WATERPARK KABUPATEN LAMPUNG SELATAN
Main Author: | Muhammad Teguh Wibowo, 1614131062 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65867/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf http://digilib.unila.ac.id/65867/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65867/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65867/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK VALUASI EKONOMI DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST METHOD (TCM) OBJEK WISATA SLANIK WATERPARK KABUPATEN LAMPUNG SELATAN By Muhammad Teguh Wibowo Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisata, (2) nilai ekonomi objek wisata Slanik Waterpark di Kabupaten Lampung Selatan, (3) kepuasan pengunjung terhadap atribut biaya wisata. Penelitian ini menggunakan metode survei melibatkan 70 responden dengan analisis regresi linear berganda, analisis surplus konsumen dan analisis customer satisfaction index (CSI) yang dilakukan pada bulan Juni sampai Juli 2020. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan wisata Slanik Waterpark adalah biaya perjalanan dan hari kunjungan, nilai ekonomi objek wisata Slanik Waterpark adalah Rp13.060.150.376 per tahun, pengunjung puas dengan atribut biaya yang dikeluarkan ketika berwisata ke Slanik Waterpark. Kata kunci : jumlah kunjungan, nilai ekonomi, kepuasan pengunjung ABSTRACT ECONOMIC VALUATION WITH TRAVEL COST METHOD (TCM) SLANIK WATERPARK SOUTH LAMPUNG DISTRICT By Muhammad Teguh Wibowo This study aims to analyze: (1) the factors that affecting the number of tourist visits, (2) the economic value of the Slanik Waterpark in South Lampung District, (3) the visitor satisfaction with tourism cost attribute. This study uses survey method involving 70 respondents. The first objective uses multiple linear regression analysis, the second objective uses consumer surplus analysis, and the third uses the Customer Satisfaction Index (CSI) analysis. Data was collected in June until July 2020. The research shows that the factors that influence the number of tourist visits Slanik Waterpark are travel costs and days of visits, the economic value of the Slanik Waterpark tourist attraction is Rp13,060,150,376 every year, the visitors are satisfied with the cost attributes incurred when traveled to Slanik Waterpark.. Key words : tourism, economic value, visitor satisfactio