PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS SMAN 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | ARI DEVIAN SUTAMA, 1513033014 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65854/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65854/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/65854/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/65854/ |
Daftar Isi:
- Lingkungan keluarga adalahsuatu kondisi yang di dalamnya terdapat suatu kelompok sosial, yang umumnya terdiri dari ayah, ibu, dan anak di mana kelompok sosial tersebut yang pertama kali dan secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi diri seorang siswa.Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak, kekuatan, ataupun dorongan baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi - kondisi tertentu) yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah yang positif dalam kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Dalam kenyataannya siswa kurang termotivasi dalam belajar, hal ini disebabkan karena kurangnya faktor eksternal khususnya pada lingkungan keluarga. Selanjutnya agar dapat termotivasi dengan baik perlulah diusahakan lingkungan keluarga yang baik. Slameto (2013:60). Hal ini menjelaskan bahwa Lingkungan Keluarga mempengaruhi motivasi belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan Lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur tahun ajaran 2019/2020 ? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner,dan dokumentasi serta wawancara. Teknik analisis data adalah teknik analisis kuantitatif dengan mengguanakan Uji Statistik Analisis Regresi Sederhana. diketahui nilai koefisien arah regresi yang menunjukan angka peningkatan b = 0,560 perunitnya dan thitung > ttabel = (6.180>1.994). Maka dapat simpulkan Ada pengaruh yang positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur Tahun Ajaran 2019/2020 H0 ditolak (H1 diterima) . Kata Kunci : Lingkungan Keluarga , Motivasi Belajar