PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 11 METRO PUSAT

Main Author: Pratiwi, 1653053017
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65769/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65769/2/skripsi%20full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65769/13/skripsi%20tanpa%20bab%20pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65769/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 11 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SDN 11 Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah peneitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalen control group design. Populasi penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Sampel penelitian menggunakan jenuh dengan jumlah 60 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik dengan n-gain sebesar 0,49 dengan kriteria “Sedang” yang ditunjukkan dengan pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes pooled varians. Kata kunci: learning cycle 5E, hasil belajar tematik ABSTRACT The problem in this study is the low thematic learning outcomes of grade IV students at SDN 11 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the positive and significant effect on the application of the 5E learning cycle learning model on the thematic learning outcomes of students in grade IV at SDN 11 Metro Pusat. This type of research is experimental research. The research design used is non-equivalent control group design. The study population numbered 60 students. The research sample uses saturation with a total of 60 students. Data collection techniques are done by using test and non-test techniques. The results showed a significant effect on the application of the Learning Cycle 5E model to student learning outcomes with an n-gain of 0.49 with the criteria of "Medium" as indicated by testing the hypothesis using the pooled variance t-test formula. Keywords: 5E learning cycle, thematic learning outcomes