Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Main Author: | Reisyha Maya Idzzati, 1313053131 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/65748/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/65748/2/Skripsi%20Full.pdf http://digilib.unila.ac.id/65748/3/Skripsi%20tanpa%20BAB%20Pembahasan.pdf http://digilib.unila.ac.id/65748/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR Oleh REISYHA MAYA IDZZATI Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Sumberejo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design, yaitu desain kuasi eksperimen dengan melihat perbedaan pretest maupun posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang tidak dipilih secara acak. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Sumberejo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol. Kata Kunci: hasil belajar ipa, model problem based learning, pengaruh.