KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Main Author: FEBRIANA, 1653053001
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65729/1/Abstrak%20%28Abstract%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65729/2/Febriana_Skripsi%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65729/3/Febriana_Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65729/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013, dengan fokus penelitian (1) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin (leadership) dalam mengimplementasi kurikulum 2013; (2) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai pembaharu (innovator) dalam mengimplementasi kurikulum2013; (3) Kepemimpinan kepala sekolah sebagai penggerak (motivator) dalam mengimplementasi kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel penelitian kepala sekolah dan 5 pendidikk. Objek penelitian kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin memberikan pembinaan kepada pendidik dengan mengadakan pelatihan diklat seperti Workshop, IHT dan KKG. Selain itu, kepala sekolah melaksanakan supervisi 6 bulan satu kali; Kepala sekolah sebagai pembaharu di sekolah harus fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman dan berkesinambungan dengan menuangkan pemikiran yang kreatif dalam implementasi kurikulum 2013. Sebagai contoh, memanfaatkan barang bekas seperti botol yang dijadikan sebagai hiasan taman didepan sekolah; Kepala sekolah sebagai motivator memberikan pengaruh motivasi melalui keteladanan sikap dan peran yang dilakukan pengaturan lingkungan kerja yang kondusif serta memberikan reward kepada pendidik berupa bonus materi dan mengadakan family gathering. Kata kunci : kepala sekolah, kurikulum 2013, pembaharu, pemimpin, penggerak. This study aimed to describe the principal's leadership in implementing the 2013 curriculum at Elementary 1 Gunung Sakti focusing on her role as the leaderhip, innovator, and motivator in the implementation of the 2013 curriculum. The research method used in this study was a qualitative descriptive approach. The sample of this researh were the principle of the school and five educators. This study's object was the leadership of the pronciple in implementing the 2013 curriculum. In addition, the data collection technique were through the interview, observation, and documentation. To analyze the data, the techniques used were, collect the data reduction, data presentation, and draw the conclusions. The result showed that the principal, as the leader, provided guidance to educators by holding the training courses such as workshops, IHT and KKG. The principal carried out a supervision every 6 months. Meanwhile, the principal as the innovator in school should be flexible with time and should pour a creative thinking continuously into the implementation of the 2013 curriculum. For example, utilizing some used items such as bottles as garden decoration in front of the school. The principal as the motivator provides a motivational influence through exemplary attitudes and roles by setting up a conducive work environment and providing rewards to educators in the form of material bonuses and holding family gatherings. Keywords: curriculum 2013, innovator, leader, motivator, principal.