PEMBENTUKAN KARAKTER KERJA SAMA MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Main Author: AHMAD YUDI KURNIAWAN, 1613053110
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/65728/1/Abstrak%20%28Abstract%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65728/2/Ahmad%20Yudi%20Kurniawan_Skripsi%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65728/3/Ahmad%20Yudi%20Kurniawan_Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/65728/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah pada pembentukan karakter kerja sama yang masih rendah serta permainan gobak sodor yang kurang dimanfaatkan. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas peserta didik dalam mengikuti permaianan gobak sodor sebagai bentuk pendidikan karakter kerjasama di sekolah, (2) usaha peserta didik dalam mengelola kelompok permaianan gobak sodor sebagai bentuk pendidikan karakter kerjasama di sekolah, (3) peran pendidik dalam mengelola peserta didik dalam mengikuti permaianan gobak sodor di sekolah, (4) upaya sekolah dalam mengoptimalkan pendidikan karakter kerjasama melalui permainan gobak sodor di sekolah, dan (5) kendala sekolah dalam mengoptimalkan pendidikan karakter kerjasama melalui permainan gobak sodor di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan 12 narasumber. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara visit home dikarenakan siswa belajar dari rumah karena pademi SARS Covid-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan gobak sodor mempunyai peran penting sebagai kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter kerja sama pada peserta didik. Penerapan dalam permainan gobak sodor di kelompok VA memberi pengaruh yang signifikan dalam mengembangkan karakter kerjasama peserta didik kelompok VA. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan kondisi anak antara sebelum dan sesudah memainkan permainan gobak sodor. Sebelum mengikuti permainan gobak sodor, tingkat karakter kerjasama belum begitu terlihat, saling mementingkan diri sendiri dan tidak menghiraukan yang lainnya. Namun, setelah menerapkan permainan tradisional gobak sodor perubahan mulai dapat terlihat, anak menjadi semakin peduli dengan sekelilingknya, saling membantu dan menjunjung tinggi kebersamaan. Kata kunci : karakter kerja sama, pembentukan, permainan gobak sodor. The problem in this research is in the formation of the character of cooperation which is still low and the game of Gobak Sodor which is not used. The focus in this study are: (1) to determine the activities of students in participating in the Hobbyist game as a form of cooperative character education in schools, (2) the efforts of students in managing the Hobak Sodor game group as a form of cooperative character education in schools, (3) the role of educators in managing students in participating in the Hobbyist game at school, (4) the school's efforts to optimize cooperative character education through the Hobbyist game in schools, and (5) school constraints in optimizing cooperative character education through the Hobbyist game at school. The method used is descriptive method. This type of research is qualitative research with 12 sources. Data collection techniques using interviews and documentation. This research was carried out by visiting home because students learn from home because of the SARS Covid-19 epidemic. The results showed that the gobak Sodor game has an important role as an activity that can foster a cooperative character in students. The application of the gobak sodor game in the VA group has a significant effect in developing the cooperative character of the VA group students. This can be seen from the differences in children's conditions between before and after playing the gobak Sodor game. Before participating in the gobak Sodor game, the character level of cooperation was not very visible, they were selfish and ignored others. However, after implementing the traditional gobak sodor game, changes can be seen, children are becoming more and more concerned with their surroundings, helping each other and upholding togetherness. Keywords: character ordering, cooperation character, gobak sodor game.